2/25/12

Pulau Kakabia

dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pulau Kakabia adalah pulau yang terletak di antara wilayah perairan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan tepatnya di Kecamatan Pasilambena, Kabupaten Kepulauan Selayar. Kakabia berasal dari kalimat “Kapal Kayu Bikinan Ara” yang disingkat menjadi kakabia.

Pulau Kakabia merupakan pulau tanpa penduduk yang terletak di bagian timur Pulau Selayar Provinsi Sulawesi Selatan pada posisi 6°54′7″LS dan 122°13′11″BT dan dapat ditempuh selama 4 (empat) jam perjalanan lauat dari Pulau Kalaotoa. Menurut hitung-hitungan, waktu tempuh dari Kalaotoa ke Jampea selama 10 sampai 12 jam. Sementara dari Jampea ke kota Benteng ditempuh sekitar 8 (delapan) jam.

Pulau Kakabia terkenal karena burung berwarna putih hitam yang dominan di sana. Burung tersebut berkumpul di Pulau Kakabia pada pagi dan sore hari serta memangsa ikan terbang disekitar pulau dengan paruhnya yang besar dan panjang. Mereka begitu perkasa memangsa ikan permukaan. Masih di sekitar Pulau Kakabia bisa juga kita temui penyu sisik dan hamparan terumbu karang yang masih sangat bagus. Di atas pulau terdapat juga biawak, ular batu, tikus berwarna kemerah-merahan dan kepiting kenari (orang Bonerate Selayar menamainya dengan sebutan kotatu).